IDENTIFIKASI DAN SOLUSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) (Studi Kasus Perumda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen)

  • RIO DWI SETIANA Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Teknologi Solo
  • WIDIANTO Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Teknologi Solo
  • YONATHAN SURYO PAMBUDI Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Teknologi Solo
Keywords: Faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja, identifikasi kecelakaan kerja, solusi meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja yaitu kecelakaan kerja dalam rangka meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di Permuda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen. Kesehatan dan keselamatan kerja adalah terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan aman untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja yang mengakibatkan menurunnya produktivitas pekerja.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja  pekerja Permuda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen, solusi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Mengingatkan pekerja untuk memperhatikan faktor teknis di tempat kerja, rutin memakai alat pelindung diri, dan mengingatkan pekerja untuk tidak bercanda di tempat kerja.

Published
2024-05-15
How to Cite
RIO DWI SETIANA, WIDIANTO, & YONATHAN SURYO PAMBUDI. (2024). IDENTIFIKASI DAN SOLUSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) (Studi Kasus Perumda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen). JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 10-17. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1029