PENGARUH PENERAPAN E-FILING, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada KPP Pratama Ambon)

  • SARI UTAMI Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura, Ambon
  • LINDA GRACE LOUPATTY Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura, Ambon
Keywords: tingkat pemahaman perpajakan, e-filling, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis penerapan e-filing dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pratama Ambon. Penelitian yang digunakan denganĀ  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai dasar untuk mengumpulkan data. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pratama Ambon. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling dengan kreteria wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di kpp pratama Ambon. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Regression Analysis (MRA)

Hasil penelitian ini menunjukan penerapan e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, kesadaran wajib pajak juga berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Selanjutnya tingkat pemahaman perpajakan memperkuat hubungan positif antara penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, dan tingkat pemahaman perpajakan juga memoderasi hubungan antara kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Published
2024-05-29
How to Cite
SARI UTAMI, & LINDA GRACE LOUPATTY. (2024). PENGARUH PENERAPAN E-FILING, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada KPP Pratama Ambon) . JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 111-126. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1052