PENGARUH LITERASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA AMBON YANG DIMODERASI OLEH SANKSI PAJAK

  • JEANLY BETRICK LATUHERU Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon
  • LINDA GRACE LOUPATTY Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon
Keywords: literasi pajak, sanksi pajak, kepatuhan wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Literasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Ambon Yang Dimoderasi Oleh Sanksi Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi moderasi. Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Subjek dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak UMKM yang ada di Kota Ambon dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Literasi Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Sanksi Pajak tidak dapat memoderasi hubungan antara Literasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.

Published
2024-05-27
How to Cite
JEANLY BETRICK LATUHERU, & LINDA GRACE LOUPATTY. (2024). PENGARUH LITERASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA AMBON YANG DIMODERASI OLEH SANKSI PAJAK. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 81-99. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1050