ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PRAMUSAJI DI DE CLIFF CAFE DE BINTAN VILLA

  • IDA RAHAYU Politeknik Bintan Cakrawala
Keywords: Standar Operasional Prosedur (SOP), penerapan, pelayan

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap perusahaan dan harus menjadi pegangan dalam melakukan kegiatan bekerja oleh semua pramusaji di de Cliff Cafe de Bintan Villa untuk meminimalisir kesalahan sehingga membuat kenyamanan dan kepuasan terhadap tamu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang menjabarkan mengenai implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pramusaji dalam melayani tamu di de Cliff Cafe de Bintan Villa. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung, wawancara, dan studi literatur yang mendukung penelitian ini.

Hasil penelitian ini adalah belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayan yang jelas di de Cliff Cafe de Bintan Villa. Sehingga dalam penerapannya tidak maksimal. Maka perlu adanya manajemen membuat dokumen tertulis yang menjelaskan Standar Operasional Prosedur (SOP) departemen pelayanan makanan dan minuman atau pelayan.

Published
2024-07-19
How to Cite
IDA RAHAYU. (2024). ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PRAMUSAJI DI DE CLIFF CAFE DE BINTAN VILLA. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 237-246. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1075