PENGARUH IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD), TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN KOTA AMBON (STUDI EMPIRIS PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) KOTA AMBON)

  • ELISYE LUMULY Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura
  • RITA J. D. ATARWAMAN Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura
Keywords: Implementasi, Efektivitas, SPID, Kualitas Laporan Keuangan, OPD.

Abstract

Pengaruh Implementasi Dan Efektivitas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintahan Kota Ambon (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Ambon. Pemerintah daerah sebagai pengelola dana wajib mempersiapkan informasi keuangan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Implementasi dan Efektivitas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah  terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota ambon, serta menganalisis seberapa besar pengaruh Implementasi dan Efektivitas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah  secara bersamaan terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah  108 orang dengan teknik pengambilan sampel Purposive Random Sampling. Model analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Data yang didapatkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan Software pengolah data statistik SPSS Versi 25.

Hasil penelitian diperoleh bahwa Implementasi Sistem Informasi Pemerintaha Daerah tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan OPD di kota ambon, Sementara Efektivitas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan dan Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, Efektivitas Sistem Informasi Pemerintahan Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kualitas Laporan Keuangan.

Published
2024-06-12
How to Cite
ELISYE LUMULY, & RITA J. D. ATARWAMAN. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD), TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN KOTA AMBON (STUDI EMPIRIS PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) KOTA AMBON). JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 147-159. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1055