PENERAPAN SAK EMKM PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMK NIZAM DEPOT AIR ISI ULANG REVERSE OSMOSIS DI KOTA TIAKUR KAB. MALUKU BARAT DAYA)

  • RITA J. D. ATARWAMAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura Ambon
Keywords: SAK EMKM, sistem pencatatan laporan keuangan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek penggunaan Laporan Keuangan yang di lakukan UMKM Nizam Depot Air isi UlangĀ  dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tidak dilakukannya pencatatan laporan keuangan yang berbasis SAK EMKM. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Nizam Depot Air Isi Ulang Reverse Osmosis (RO) di Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan survey, interview, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa UMKM Nizam Depot Air Isi Ulang iniĀ  masih sangat sederhana, dimana pencatatan penyusunan dan laporan keuangan masih belum sesuai sesuai dengan SAK EMKM. Faktor-faktor yang menyebabkan tidak terlaksananya pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM karena dipengaruhi oleh faktor internal seperti, kurangnya pemahaman pemilik usaha, tidak adanya profesional dalam diri pemilik usaha. Sedangkan faktor eksternal seperti, tidak adanya pengawasan dari pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan UMKM.

Published
2024-06-12
How to Cite
RITA J. D. ATARWAMAN. (2024). PENERAPAN SAK EMKM PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMK NIZAM DEPOT AIR ISI ULANG REVERSE OSMOSIS DI KOTA TIAKUR KAB. MALUKU BARAT DAYA). JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(02), 160-175. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1056