PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA SWISS-BELHOTEL HARBOUR BAY, BATAM

  • YOL KEE Politeknik Bintan Cakrawala
  • APRILIA NURCAHYANING RAHAYU Politeknik Bintan Cakrawala
  • DODI SETIAWAN Politeknik Bintan Cakrawala
Keywords: Penghargaan, Hukuman, dan Loyalitas Karyawan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pengaruh reward dan punishment terhadap loyalitas karyawan Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam secara parsial. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Reward (X1) dan Punishment (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Loyalitas (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan populasi dalam penelitian ini terdiri dari 86 karyawan Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak (simple random sampling) sehingga diperoleh sampel sebanyak 71 responden. Metode penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode analisis data berupa uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji t (uji parsial) dengan menggunakan Ms. Excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward secara parsial berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan yang dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis (P-value X1 0,0035 < 0,05 (alpha)). Kemudian Punishment juga secara parsial mempengaruhi Loyalitas Karyawan yang juga dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis (P-value X2 0,0119 < 0,05 (alpha)). Besarnya pengaruh Reward dan Punishment terhadap Loyalty adalah sebesar 34% yang diperoleh dari nilai Adjusted R Square.

Published
2023-08-14
How to Cite
YOL KEE, APRILIA NURCAHYANING RAHAYU, & DODI SETIAWAN. (2023). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA SWISS-BELHOTEL HARBOUR BAY, BATAM. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(12), 1-6. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/978