PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA TELEVISI MINI PADA SISWA KELAS VIII. E SMP NEGERI 3 KENDARI

  • SITI MARWIAH SMP Negeri 3 Kendari
Keywords: Pembelajaran, Think Pair, Share, Televisi, Media

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Mendiskripsi peningkatan keterampilan membacakan berita pada kelas VIII setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media televisi mini pada saat pembelajaran, (2) Mendiskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran membacakan berita menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share melalui media televisi mini pada saat pembelajaran.

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik tes sebagai langkah dalam pengambilan data. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa analisis berita dan pembacaan berita. Aspek penilaiannya adalah analisis unsur-unsur berita yang akan dibacakan, lafal, intonasi, dan sikap pembacaan berita. Langkah-langkah pengambilan data tes adalah (1) peneliti melakukan persiapan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran, (2) pelaksanaan tes dilakukan di dalam kelas setelah proses diskusi kelas selesai,siswa menganalisis dan praktek membacakan berita (3) evaluasi, peneliti menilai hasil pekerjaan siswa sebagai hasil tes.

Setelah dilakukan  pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif think pair and share menggunakan media televisi mini perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran membacakan berita mengalami perubahan. Perubahan perilaku tersebut dapat dibuktikan dari hasil nontes, yaitu catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto.

Published
2023-06-10
How to Cite
SITI MARWIAH. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE MELALUI MEDIA TELEVISI MINI PADA SISWA KELAS VIII. E SMP NEGERI 3 KENDARI. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(10), 38-50. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/965