PENERAPAN METODE SAINTIFIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROPHON DI KELAS XI AV 2 SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • ENDANG RUHIAT SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA, JAWA BARAT
Keywords: Saintifik, Problem Solving, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis, daftar nilai produktif Audio vidio siswa Kelas XI Audio Vidio SMK Negeri 2  Kota Tasikmalaya masih rendah disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, pembelajaran konvensional, kurangnya perahatian guru, kurangnya minat guru dalam mengajar. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan ke aktifan dan hasil siswa, yaitu dengan menggunakan metode saintifik pada pembelajaran dengan pendekatan  problem Solving  yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI AV 2 SMK negeri 2 Kota Tasikmalaya.  Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Metode Saintifik dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan keaktifan  dan hasil belajar siswa pada materi Mikrophon di Kelas XI AV 2 SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2016/2017?

   Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas lebih atau meningkat dari ketuntasan minimal , yaitu 2,8. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AV 2 SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu Penerapan model pembelajarn problem solving dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes essey. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif.

            Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian kondisi awal, siklus I, dan siklus II diketahui ada peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam materi Mikrophon. Hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II menunjukkan bahwa penerapan metode saintifik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran elektronika materi mikrophon.

 

Published
2021-01-21
How to Cite
ENDANG RUHIAT. (2021). PENERAPAN METODE SAINTIFIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROPHON DI KELAS XI AV 2 SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(06), 92-99. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/404