EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN TIPTL SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA

  • AHADIAT SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA, JAWA BARAT
Keywords: Efektivitas, Mengajar Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Pada kenyataanya di lapangan, konsep kegiatan belajar mengajar belum terlaksana dengan baik, karena masih banyak hambatan dan kendala-kendala yang harus dihadapi oleh siswa sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran dan tenaga pengajar/guru merupakan mediator utama dalam proses transformasi pembelajaran. Berdasarkan pengamatan sementara, secara umum  di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik), Efektitivitas mengajar guru belum dirasakan mempunyai dampak terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar peserta didik yang diharapkan terus meningkat setiap waktu ternyata sangat sulit untuk dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Kinerja mengajar guru berdasarkan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik); (2) Hambatan yang dialami dalam mengajar guru berdasarkan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik); (3) Upaya mengatasi hambatan kinerja mengajar berdasarkan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas mengajar guru di SMK Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik), sudah tergolong baik dan efektif, namun pada beberapa hal masih perlu ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sudah baik, penggunaan media dan sumber belajar sudah baik, adanya infokus, buku-buku, modul, job sheet, dan media belajar yang digunakan. Prestasi belajar yang dicapai peserta didik baik kognitif, afektif, dan psikomotor sudah dicapai; (2) Adapun hambatan dalam kinerja mengajar guru berdasarkan kurikulum 2013 dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Tasikmalaya khususnya di jurusan TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik),  adalah latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai dengan materi yang diampu, motivasi sebagian guru yang masih rendah, guru masih lemah dalam penggunaan media pembelajaran, pembelajaran praktek siswa waktunya masih kurang, kurangnya sarana dan prasarana belajar; (3) Untuk mengatasi hambatan di atas, maka Kepala sekolah dan guru sebaiknya berupaya mencari solusi sesuai dengan kemampuan. Seperti melaksanakan pelatihan fungsioanal dan kompetensi guru, melaksanakan IHT tiap tahun ajaran, memberikan motivasi kepada guru dan meningkatkan efektivitas mengajarnya guru di kelas.

Published
2021-01-21
How to Cite
AHADIAT. (2021). EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN TIPTL SMK NEGERI 2 TASIKMALAYA. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(06), 61-73. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/400