ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PIMPINAN TERHADAP APARAT BUMDES DI KABUPATEN KOLAKA

  • DYAH TARI NUR'AINI BADAN PUSAT STATISTIK, KABUPATEN KOLAKA
Keywords: BUMDes, Aparat, Pimpinan

Abstract

 

Upaya pengembangan ekonomi pedesaan sudah sejak lama dijalankan oleh Pemerintah melalui berbagai program. Namun upaya itu belum membuahkan hasil yang memuaskan sebagaimana diinginkan bersama. Salah satu faktor yang paling dominan adalah masih tingginya ketergantungan masyarakat terhadap intervensi pemerintah baik terhadap perencanaan maupun pelaksanaan program, akibatnya justru menghambat daya kreativitas dan inovasi masyarakat desa dalam mengelola dan menjalankan mesin ekonomi di pedesaan. Salah satu upaya mengurangi ketergantungan tersebut, maka pemerintah melalui UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat (1) berinisiatif untuk mendirikan BUMDes. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengkaji kinerja aparat BUMDes khususnya di Kabupaten Kolaka.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengolahan data meliputi editing, coding dan tabulating serta dalam menganalisa data menggunakan Analisa kuantitatif berupa Indeks Kepuasan Pimpinan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa Pimpinan BUMDes di Kabupaten Kolaka menyatakan puas terhadap produk kerja, kerjasama, kemampuan beradaptasi dan komunikasi aparatnya.

Published
2020-12-04
How to Cite
DYAH TARI NUR’AINI. (2020). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PIMPINAN TERHADAP APARAT BUMDES DI KABUPATEN KOLAKA. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(05), 1-14. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/367