PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JAMINAN ONLINE PADA KOPERASI BMT INSAN MANDIRI JAWA TENGAH

  • SYAIFUL AMRIAL KHOIR Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Grobogan
Keywords: Sistem Informasi, Manajemen, Jaminan, Koperasi, Informasi dan Tegnologi, Bisnis Digital

Abstract

BMT Insan Mandiri Jawa Tengah (BMT IM Jateng) merupakan lembaga keuangan yang berbadan hukum koperasi dan memberikan pelayanan simpan pinjam syari’ah kepada anggotanya. Pengelolaan jaminan di  BMT IM Jateng saat ini masih menggunakan cara manual, yaitu dengan langkah pertama petugas kantor cabang mencatat jaminan secara manual di buku kemudian langkah berikutnya catatan yang dimiliki dikirimkan kepada petugas kantor pusat untuk di input secara manual di Microsoft Excell. Pengelolaan jaminan dengan cara manual ditemukan banyak kekurangan, kekurangan yang terdapat pada cara tersebut diantaranya adalah rawan kesalahan input, proses pencarian data dan lokasi penyimpanan jaminan  menjadi sulit untuk dilakukan, kekurangan yang berikutnya yaitu memerlukan waktu yang relatif lama dalam proses pengelolaan jaminan.

Jaminan merupakan suatu aset yang dimiliki oleh debitur dan diserahkan kepada kreditur sebagai pengikatan, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku bahwa debitur dapat memperjanjikan harta yang dimiliki kepada kreditur apabila debitur mengalami kegagalan pembayaran angsuran dalam kurun waktu yang telah ditentukan, maka jaminan dapat digunakan sebagai pelunas utang debitur kepada kreditur. Oleh karena itu jaminan menjadi salah satu faktor penentu koperasi dalam melakukan analisis pembiayaan.

Mengingat permasalahan di atas maka dapat disimpulkan bahwa jaminan merupakan aset yang berharga bagi kreditur dan debitur yang harus dikelola secara baik. Penulis berusaha untuk menerapkan sistem informasi manajemen jaminan online di BMT Insan Mandiri Jawa Tengah dengan tujuan guna mempermudah proses pengelolaan jaminan, dimulai dari pengajuan jaminan oleh kantor cabang hingga penyimpanan jaminan dan pencarian data jaminan yang dilakukan oleh petugas kantor pusat.

Published
2024-03-18
How to Cite
SYAIFUL AMRIAL KHOIR. (2024). PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JAMINAN ONLINE PADA KOPERASI BMT INSAN MANDIRI JAWA TENGAH. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 6(01), 58-67. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1023